Kamis, 14 Agustus 2014

tau gak kenapa manusia bisa bersin



Tau gak kenapa manusia bisa bersin, sebelum kita menjawab pertanyaan ini kita harus tau apa yang membuat kamu bersin.

Sebab sebab yang membuat kita bersin, yaitu :


1. Aliran udara yang masuk akan melewati rongga hidung yang diselimuti selaput lendir hidung, bila selaput lendir ini terkena dengan bahan-bahan iritan atau alergen maka akan timbul bersin.

2.Bersin bisa juga timbul karena adanya peradangan (rhinosinusitis), benda asing, infeksi virus atau sebuah reaksi alergi, Peradangan dalam hal ini biasanya adalah saat kita flu.


Pada saat flu ada banyak partikel asing dalam hidung. Sehingga saat bersin di sarankan, menutup hidung dengan sapu tangan atau tissue. Tujuannya untuk menekan menyebarnya kuman penyakit. 

Jadi jawabannya adalah bersin terjadi karena tubuh sedang memberi respon, terhadap masuknya bakteri atau cairan yang masuk secara berlebihan kedalam rongga hidung, sehingga secara otomatis tubuh akan menolak bakteri tersebut.

Bersin sendiri sebenarnya sangat berguna demi menjaga agar hidung agar tetap bersih, diharapkan dengan mengalami bersin, maka dapat membantu upaya pembersihan dalam rongga hidung, bersin juga pertanda bahwa kita ini sehat maksudnya metabolisme tubuh kita sempurna (itulah sebabnya dalam islam setelah kita bersin dianjurkan membaca "allhamdulilah" ).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar